Memahami tingkat perhatian murid



VIII Ibnu Khaldun SMPIT As Syifa Boarding School
Menjadi guru memang tidak mudah, tetapi itu menjadi menyenangkan ketika kita bisa memahami karakter umum dan individu murid  yang istimewa.
VIII Albiruni SMPIT As Syifa Boarding School
Kemampuan seorang guru sangat diharapkan dalam mengelola kelas, mengkondisikan tempat pembelajaran baik itu di dalam atau luar ruangan, demi kelangsungan efektifitas pembelajaran. 
Tingkat konsentrasi perhatian murid yang terkadang berubah  ketika guru memberikan penjelasan atau penguatan mengharapkan guru untuk memiliki "trik khusus" dalam mencari perhatian murid, apakah itu dengan nada intonasi yang berubah, atau dengan gerak tubuh. 1alam

"Para psikolog perkembangan telah lama mencatat bahwa kemampuan anak-anak memfokuskan perhatiannya akan bertambah seiring dengan usianya. anak-anak yang masih kecil tidak dapat diharapkan memfokuskan perhatiannya pada suatu benda, peristiwa atau orang dalam waktu yang lama. mereka mudah sekali terganggu oleh setiap stimulus yang baru. 

Kemampuan memfokuskan perhatian yang demikian pada usia tersebut bukan merupakan indikasi menunjukkan kurangnya "perhatian" si anak. Sesungguhnya mereka "memperhatikan" segala sesuatu. Setiap suara, pandangan, atau sensasi lainnya yang menarik membuat si anak menoleh ke arah itu. ( sekolah ramah untuk semua J.David Smith ).   

Memahami dan dipahami adalah salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran...

0 komentar: