Guru Semangat

 1234
Selama iblis masih ada, sifat malas bisa terjadi kepada siapa saja. Termasuk guru, mungkin bisa jadi yang menggoda guru yaitu guru dari kalangan iblis juga. Setiap guru pasti memiliki kesibukan masing-masing, juga memiliki keinginan  yang kadang sulit dikendalikan dan sifat malas yang terkadang lebih besar dibandingkan sifat ingin menyelesaikan sesuatu ketika tiba waktunya.
Tetapi berbeda ketika guru mempunyai semangat tinggi, ia akan menjalankan fungsinya dengan antusias. Antusias ini memungkinkan seseorang melakukan kerja yang produktif, kreatif dan agresif dalam arti positif. ia akan memberikan motivasi kepada muridnya untuk menciptakan karya-karya terbaik didunia bermakna hingga akhirat kelak.

Berikut ini sebagian doa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam ajarkan sebagai pemacu semangat dan pengusir kemalasan.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa:
«اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ»
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, tindihan hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari no. 6369)

0 komentar: