Ciri-Ciri penulis Sukses


Apakah tiga ciri-ciri penulis yang sukses itu?
1. Rajin PRAKTEK. Tak ada penulis sukses yang tak pernah PRAKTEK. Semuanya suka PRAKTEK menulis! Penulis sukses ditempa oleh pengalaman berkat PRAKTEK yang mereka lakukan. Sekalipun anda dianugerahi talenta menulis yang luar biasa, anda tetap butuh PRAKTEK.
Malcolm Gladwell pernah menulis dalam bukunya, Outliers, bahwa kunci untuk sukses di segala bidang, termasuk dalam menulis, tak lain adalah PRAKTEK. Dia sampai membuat “Hukum 10 Ribu Jam”. Inti dari hukum ini adalah anjuran untuk mempraktekkan bidang yang kita minati sampai 10 ribu jam untuk sukses di dalamnya.
2. Do More. Sekalipun ada istilah “kerja cerdas”, namun kebanyakan penulis sukses yang saya tahu biasanya juga kerja lebih keras dan kerja lebih banyak alias do more. Mereka bekerja jauh lebih banyak dan lebih sibuk dibanding kebanyakan penulis biasa. Hal ini wajar terjadi sebab mungkin mereka sudah sangat paham dengan kata bijak berikut ini: Bila anda menginginkan lebih, maka lakukanlah yang lebih (If you want more, you must do more).
3. Rakus ilmu. Ciri penulis sukses berikutnya adalah rakus ilmu. Ia tidak mudah berpuas diri dengan ilmu yang dimilikinya. Satu ilmu dapat, ia rencanakan untuk mendapatkan ilmu lainnya yang lebih inspiratif yang lebih mengena untuk minat dan bakatnya. Ia tidak puas dengan hanya menguasai sedikit ilmu, ia ingin memiliki banyak ilmu. Dalam hal ini, ucapan Steve Jobs sangat cocok untuk dipraktekkan: “stay foolish, stay hungry”. Artinya, tetap merasa bodoh dan tetaplah merasa lapar.
www.caramenulisbuku.com

0 komentar: