Belajar untuk mendapat nilai atau belajar mendapat ilmu ?
Sebuah
pertanyaan yang patut untuk dipertanyakan kepada seluruh murid kita
untuk menambah motivasi belajar dengan cara yang benar. Kekeliruan
menentukan tujuan membuat murid kita kehilangan orientasi yang hakiki,
dimana orientasi mengejar nilai terkadang membuat murid kita
menghalalkan segala cara untuk mendapat nilai yang terbaik dalam ujian
misalnya, menyontek, membuat contekan, bocoran dkk.
Luruskan kembali niat-niat murid kita untuk tidak berorientasi nilai tapi ilmu. peran GURARU selanjutnya.
peran
GURARU dalam pembelajaran diantaranya ada tiga kegiatan yang saling
berkaitan adalah penentuan tujuan, perencanaan pengalaman belajar, dan
penentuan prosedur evaluasi.
peran Guraru untuk merancang proses
penilaian yang tidak hanya satu aspek kognitif saja, akan tetapi juga
perlu adanya penilaian aspek proses atau kinerja murid secara aktual
yang dapat mengukur kemampuan hasil belajar peserta didik secara
keseluruhan.
peran GURARU untuk merancang pembelajaran dengan
suasana baru menghadirkan bintang tamu dalam pembelajaran. Bintang tamu
(mis, kerja sama dengan orangtua murid yang memiliki profesi yang
sesuai) yang dalam profesi kesehariannya menerapkan ilmu yang sedang
dipelajari.
peran GURARU untuk memberikan penguatan tambahan
terhadap materi pelajaran dan aplikasinya pada kehidupan sehari-hari.
(Apa manfaat bagiku AMBAK)
AMBAK )( APA MANFAAT BAGIKU ???
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar