Standar Kompetensi Lulusan |
Kemampuan yang Diukur |
Indikator |
Membaca : Membaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan, dan rubric khusus, serta berbagai
karya sastra berupa puisi anak, dongeng/cerita anak-anak, dan drama
anak-anak. |
Menentukan isi bacaan. |
Menjawab pertanyaan yang menggunakan kata apa. |
Menyimpulkan isi bacaan. |
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat, murid dapat menentukan kalimat utamanya. |
Menentukan unsur intrinsik dongeng. |
Murid dapat menentukan watak salah satu tokoh dalam cerita. |
Menentukan isi tersurat/tersirat dari rubrik yang dibaca. |
Disajikan cuplikan rubric khusus dari media cetak, murid dapat menentukan isi/pesannya . |
Memahami unsur intrinsik puisi. |
Murid dapat menentukan amanat yang terkandung dalam puisi |
Menentukan unsur intrinsik drama anak-anak. |
Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, murid dapat menentukan amanatnya. |
Menentukan makna denah. |
Disajikan denah lokasi tertentu, murid dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat. |
Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, kosakata yang
bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk
surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan,
paraphrase, serta berbagai karya sastra untuk anak-anak berbentuk
cerita anak, puisi, pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang
tepat, ejaan, dan pilihan katanya. |
Menulis dialog |
Disajikan teks dialog yang belum lengkap, murid dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat. |
Mengisi formulir. |
Murid dapat mengisi formulir berdasarkan ilustrai yang disajikan. |
Menulis petunjuk pemakaian. |
Disajikan petunjuk penggunaan obat, murid dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan jenis penyakit |
Menyusun paragraph. |
Disajikan empat kalimat acak, murid dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraph yang padu. |
Disajikan paragraph rumpang, murid dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat. |
Menggunakan EYD. |
Murid dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan tepat. |
Menulis/melengkapi pantun. |
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, murid dapat melengkapinya dengan abri yang tepat. |
Menyusun kalimat. |
Disajikan gambar kegiatan, murid dapat menentukan kalmat yang sesuai dengan gambar tersebut. |
Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat |
Menulis pengumuman. |
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat
kalimat tidak efektif, murid dapat memperbaikinya menjadi kalimat
efektif yang tepat. |
Menulis iklan. |
Disajikan gambar suatu produk, murid dapat menentukan kalimat iklan yang tepat. |
Menulis teks pidato. |
Murid dapat menentukan kalimat pembuka pidato dengan tepat. |
Menulis surat. |
Murid dapat melengkapi surat dengan kalimat pembuka surat yang tepat |
Menulis petunjuk pembuatan |
Murid dapat menuliskan petunju pembuatan sesuatu dengan jelas. |
Menuliskan imbuhan |
Disajikan kata dasar dalam kalimat, murid dapat melengkapinya dengan imbuhan yang tepat. |
Menyusun laporan |
Murid dapat menulis paragraf laporan singkat sesuai data.
|
0 komentar:
Posting Komentar